FKIP Unika Mamuju Menggelar Penelusuran Kompetensi Mengajar (PKM) Mahasiswa Calon Guru

Sebagai upaya persiapan dalam melaksanakan PPL 2 – Studi Komparatif, FKIP Unika Mamuju menggelar kegiatan Penelusuran Kompetensi Mengajar Gel. 1 yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 12 maret 2018 di Ruang Seminar FKIP Unika. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP Unika Mamuju dan dilanjutkan dengan  penjelasan teknis pelaksanaan kegiatan PPL2 – Studi Komparatif .

Ketua Pelaksana Kegiatan Rapi Hamdi Nur dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa “ kegiatan penjelasan teknis ini pada dasarnya adalah untuk memberi pemahaman kepada kepada calon peserta PPL 2 -Studi Komparatif tentang teknis dan mekanisme pelaksanaan kegiatan agar seluruh peserta dapat mengenal lebih detail apa yang harus mereka lakukan sebagai calon peserta, disamping itu juga memberi kesempatan kepada mahasiswa calon peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi kegiatan tersebut”.

 

Lebih lanjut Hamdi Nur  menyampaikan bahwa “salah satu kegiatan penting dalam pelaksanaan PPL 2 _ studi Komparatif adalah mahasiswa peserta dari kegiatan ini nantinya akan melakukan proses pembelajaran dikelas pada sekolah-sekolah unggulan di Kota Makassar”. Oleh karena itu lanjutnya “ Persiapan diri calon peserta harus dioptimalkankan salah satu yang kami lakukan adalah menggelar kegiatan penelurusan kompetensi mengajar pada setiap calon peserta sebagai upaya untuk mengukur dan melihat seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mereka dalam melaksanakan aktiftas pembelajaran dikelas dan dari kegiatan ini kami mengharapkan ada informasi yang kami peroleh sekaligus rekomendasi tentang siapa dan sepertia apa kemampuan dan penguasaan mereka  terhadap  empat kompetensi utama sebagai seorang guru”.

Sementara Wakil Dekan I Mulyana Faisal pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa “ Kegiatan Penelusuran Kompetensi Mengajar ini sesungguhnya rutin dilakukan kepada semua mahasiswa semester VI dan kegiatan bukan hanya bagian dari persiapan PPL 2 – Studi Komparatif tapi kegiatan ini juga menjadi agenda tahunan kami di bagian Akademik sebagai evaluasi proses yang telah kami lakukan dan dari hasil ini kami akan jadikan rujukan dalam penyusunan program – program pembelajaran yang lebih di masa-masa yang akan datang”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *